TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA PADA MAHASISWA PEKERJA

Penulis

  • Hani Rosyidah Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Ipung Hananto Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Sri Ayatina Hayati Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.18326/pamomong.v4i2.364

Kata Kunci:

keharmonisan keluarga

Abstrak

Keharmonisan keluarga adalah faktor utama dalam memastikan ketahanan keluarga dari segi sosial dan psikologis. Ini adalah konsep yang sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak dan membantu perkembangan kepribadian anak yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keharmonisan keluarga pada mahasiswa pekerja. Penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 85 mahasiswa pekerja. Pengambilan data menggunakan skala keharmonisan keluarga yang dikembangkan Kavikondala et al (2016), yang mengidentifikasi lima dimensi keharmonisan keluarga, yakni komunikasi, resolusi konflik, kesabaran, identitas keluarga, dan waktu yang berkualitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pekerja memiliki keharmonisan keluarga dengan kategori sedang.

Referensi

Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. Community Engagement and mergence Journal (CEEJ), 1(2), 42-47. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.108.

Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 17(1), 17–34. https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.249.

Asilah, A., & Hastuti, D. (2013). Hubungan Tingkat Stres Ibu dan Pengasuhan Penerimaan Penolakan dengan Konsep Diri Remaja pada Keluarga Bercerai. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 7(1), 10–18. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.1.10.

Asoodeh, M. H., Daneshpour, M., Khalili, S., Lavasani, M. G., Shabani, M. A., & Dadras, I. (2011). Iranian Successful Family Functioning: Communication. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 367– 371. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.072.

Bakar, A. A., & Afthanorhan, A. (2016). Confirmatory Factor Analysis on Family Communication Patterns Measurement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 33-40. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.04.029.

Duarte, T. A., Paulino, S., Almeida, C., Gomes, H. S., Santos, N., & Gouveia-Pereira, M. (2020). Self-Harm as A Predisposition for Suicide Attempts: A Study of Adolescents' Deliberate Self-Harm, Suicidal Ideation, and Suicide Attempts. Psychiatry Research, 287, Article 112553. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.112553.

Fadhilah, S. S., Asrowi, A., HA, C., Muslim, M. (2015). Pemberian Life Skills dan Link and Match untuk Pekerjaan Pendek. Junal Paedegogia, 18(2), 10-20. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/7518.

Fathoni, A. (2018). Keluarga Sakinah Perspektif Psikologi (Upaya Mencapai Keluarga Sakinah, Mawaddah Wa Rohmah). Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 201-209. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/ jipi/article/view/3346.

Fatmawati, E. (2020). Kerjasama Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. IBTIDA': Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 135-150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147.

Ghani, F. B. A., Roeswardi, S. I. bt, & Aziz, A. bt A. (2014). Parenting Styles and their Relation to Teenagers’ Personality Profile in Single Mother Families: A Case Study. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 114, 766–770. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.782.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Guo, L., Tian, L., & Scott Huebner, E. (2018). Family Dysfunction and Anxiety in Adolescents: A Moderated Mediation Model of Self-Esteem and Perceived School Stress. Journal of School Psychology, 69, 16–27. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2018.04.002.

Handayani, N., & Fauziah, N. (2016). Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kecerdasan Emosional pada Guru Bersertifikasi Sekolah Menengah Atas Swasta Berakreditasi “A” Wilayah Semarang Barat. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 5(2), 408–412. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15242.

Hayward, L. E., Vartanian, L. R., Kwok, C., & Newby, J. M. (2020). How might childhood adversity predict adult psychological distress? Applying the Identity Disruption Model to understanding depression and anxiety disorders. Journal of Affective Disorders, 265, 112– 119. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.01.036.

Ibnu, I. F., Wahjuni, C. U., & Devy, S. R. (2020). Narrative stories of high-risk sexual behaviors among adolescents in makassar city. Journal of Public Health Research, 9(2), 156–159. https://doi.org/10.4081/jphr.2020.1830.

Joyce, L., & Liamputtong, P. (2017). Acculturation Stress and Social Support for Young Refugees in Regional Areas. Children and Youth Services Review, 77, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2017.03. 016.

Kaho, J, R. (2015). Hati-Hati, Mahasiswa Yang Bekerja Bisa Memiliki Masalah Mental. Retrieved from https://www.brilio.net/life/hati-hati-mahasiswa-yang-bekerja bisa-memiliki-masalah-mental-150730a.html.

Kavikondala, S., Stewart, S. M., Ni, M. Y., Chan, B. H. Y., Lee, P. H., Li, K.-K., McDowell, I., Johnston, J. M., Chan, S. S., Lam, T. H., Lam, W. W. T., Fielding, R., & Leung, G. M. (2016). Structure and Validity of Family Harmony Scale: An Instrument for Measuring Harmony. Psychological Assessment, 28(3), 307–318. https://doi.org/10.1037/pas0000131.

Liu, Q. Q., Yang, X. J., Hu, Y. T., Zhang, C. Y., & Nie, Y. G. (2020). How and when is family dysfunction associated with adolescent mobile phone addiction? Testing a moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 111, 104827. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.10 4827.

Lombardi, C. M. (2021). Family Income and Mothers’ Parenting Quality: Within-Family Associations from Infancy to Late Childhood. Children and Youth Services Review, 120, Article 105799. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105799.

Malik, L. R. (2015). Kematangan Karir Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Samarinda. Fenomena, 7(1), 109–128. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.271.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209. http://dx.doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239.

Muhammad, L. Y. B., MuflikhatiI., & Simanjuntak, M. (2019). Religiusitas, Dukungan Sosial, Stres, dan Penyesuaian Wanita Bercerai. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(3), 194-207. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.3.194.

Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 115-124. http://dx.doi.org/10.30829/taz.v8i1.457.

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888.

Pangaribuan, L. (2016). Kualitas Komunikasi Pasangan Suami Istri dalam Menjaga Keharmonisan Perkawinan. Jurnal Simbolika, 2(1). 1-19. http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v2i1.214.

Pusnita, I. (2021). Persepsi Keharmonisan Keluarga terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja di desa Tanjung Raman Kecamatan Pendopo kabupaten Empat Lawang. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 3(2), 65-78. https://doi.org/10.48093/jiask.v3i2.34.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12.

Rafieq, U. A. (2021). Persepsi Keluarga Penyandang Difabel Terhadap Keharmonisan Keluarga (Studi Kasus di Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri). (Published Doctoral Dissertation) IAIN Kediri, Kediri, Indonesia. http://etheses.iainkediri.ac.id/3838/.

Rizalty, M. A. (2023). Ada 516.344 Kasus Perceraian di Indonesia pada 2022. Retrived from https://dataindonesia.id/varia/detail/ada-516344-kasus-perceraian-di-indonesia-pada-2022.

Rusyidi, B. & Nuriyah, E. (2020). Kekerasan dalam Pacaran: Faktor Resiko & Perlindungan Serta Implikasinya Terhadap Upaya Pencegahan. Sosio Informa, 6(2), 152-169. https://doi.org/10.33007/inf.v6i2.2208.

Sainul, A. (2018). Konsep Keluarga Harmonis Dalam Islam. Jurnal Al-Maqasid, 4(1), 86–98. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i1.1421.

Shahreza, D., & Lindiawatie, L. (2021). Ketahanan Ekonomi Keluarga Di Depok Pada Masa Pandemi Covid-19. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(2), 148-161. https://doi.org/10.30998/jabe.v7i2.7487.

Sharif, M. S. M., Zahari, M. S. M., Nor, N. M., & Muhammad, R. (2015). The Significance of Hari Raya Food towards Malay Community in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 201, 175–181. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.166.

Shi, X., Wang, J., & Zou, H. (2017). Family functioning and Internet Addiction among Chinese Adolescents: The Mediating Roles of Self-esteem and Loneliness. Computers in Human Behavior, 76, 201–210. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.07.028.

Soltani, A., Hosseini, S., & Mahmoodi, M. (2013). Predicting Identity Style Based on Family Communication Pattern in Young Males. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84, 1386–1390. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.761.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 220-234. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118.

Wallerstein, J. S., & Kelly, J. B. (1976). The Effects of Parental Divorce: Experiences of The Child in Later Latency. The American Journal of Orthopsychiatry, 46(2), 256–269. https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.1976.tb00926.x.

Wang, J., Rost, D.H., Qiao, R., & Monk, R.L. (2020). Academic Stress and Smartphone Dependence among Chinese Adolescents: A Moderated Mediation Model. Children and Youth Services Review, 118, 105029. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105029.

Wheatley, D. (2014). Travel-to-Work and Subjective Well-Being: A Study of UK Dual Career Households. Journal of Transport Geography, 39, 187-196. http://dx.doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2014.07.009.

Widayani, A. R., & Mardyawati, M. (2021). Peranan Pendidikan Islam dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 2(2), 125–138. https://doi.org/10.5281/zenodo.6138093.

Wilson, J., & Tonner, A. (2020). Doing Family: The Constructed Meanings of Family in Family Farms. Journal of Rural Studies, 78, 245–253. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2020.06.002.

Wong, A. E., Dirghangi, S. R., & Hart, S. R. (2019). Self-Concept Clarity Mediates The Effects of Adverse Childhood Experiences on Adult Suicide Behavior, Depression, Loneliness, Perceived Stress, and Life Distress. Self and Identity, 18(3), 247–266. https://doi.org/10.1080/15298868.2018.1439 096.

Yusuf, A. M. (2002). Kiat Sukses dalam Karier. Padang: Ghalia Indonesia.

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Rosyidah, H., Hananto, I., & Hayati, S. A. (2023). TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA PADA MAHASISWA PEKERJA. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 4(2), 134–146. https://doi.org/10.18326/pamomong.v4i2.364

Terbitan

Bagian

Articles