Career Orientation of Millennial Teenagers in Madura

Penulis

  • Ishlakhatus Sa'idah Institut Agama Islam Negeri Madura, Madura, Indonesia
  • Moh. Ziyadul Haq Annajih Institut Agama Islam Miftahul Ulum Pamekasan, Madura, Indonesia
  • Diana Vidya Fakhriyani Institut Agama Islam Negeri Madura, Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.18326/pamomong.v4i2.358

Kata Kunci:

orientasi karier, remaja, milenial, Madura

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran orientasi karir pada remaja di Madura berdasarkan identitas dirinya. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data utama yang digunakan peneliti adalah data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi, berupa kata-kata dan tindakan orang yang diamati atau diwawancarai berdasarkan topik penelitian yang diperoleh dari subjek penelitian. Sedangkan data pendukung dalam penelitian ini diperoleh dari study literature. Subjek penelitian berjumlah 7 orang dengan kriteria (1) remaja milenial yang berusia 16 sampai 21 tahun baik laki-laki maupun perempuan, (2) subjek bertempat tinggal di Madura, (3) subjek memiliki kedekatan emosional dengan peneliti, dan (4) subjek bersedia berpartisipasi dalam penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis fenomenologi sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan, yaitu: reduksi fenomenal, reduksi editik dan reduksi transedental. Adapun hasil penelitian ini antara lain: pertama, kriteria dan jenis karier impian mereka lebih mengutamakan kemampuan berpikir (bukan fisik), bersifat santai dan memiliki kualifikasi keahlian khusus. Kedua, motif yang mendasari remaja milenial di Madura dalam menentukan karier impiannya antara lain didasari oleh rasa nyaman, uang/gaji, tidak merasa ditekan dan miliki nilai pengabdian. Ketiga, figur pendorong dalam pemilihan karier adalah keluarga dan teman. Sedangkan yang keempat, standar pencapaian karier dapat diukur dari kemampuan dalam mengembangkan usaha mandiri milik pribadi yang dikembangkan dari profesi impiannya dan target usia pensiun remaja milenial Madura berkisar pada usia 40-50 tahun.

Referensi

Banagiri, R., Yelikar, B., & Rroy, A. D. (2022). The Impact of vocational guidance on career choice. International Management Review, 18, 11–19. Retrieved from http://www.americanscholarspress.us/journals/IMR/pdf/IMR-SP-2022/SpecV18-art2.pdf.

Bogdan, R. C. and Biklen, S. K. (2003). Qualitative Research For Education. (fourth ed). London: Pearson Education Group, Inc.

Care, N. S. (1984). Career choice. Ethics, 2(94), 283–302. https://doi.org/10.1086/292533.

Deusen, F. V., Ladge, J., James, J., Hareington, B. (2011). Building the Business Case for Work-Life Programs. USA: Boston College Center for Work & Family. Retrieved from https://www.bc.edu/content/dam/files/centers/cwf/research/publications3/executivebriefingseries-2/Executive%20Briefing_Building%20the%20Business%20Case%20for%20Work-Life%20Programs.pdf.

Fakhriyani, D. V. & Sa’idah, I. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Pada Santri Tingkat Akhir. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 9(2), 107–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37064.

Hanafi, I., Sa’idah, I., & Fakhriyani, D. V. (2021). Pengembangan Karier Berdasarkan Identitas Dan Aspirasi Karier Santri (Pendampingan Bimbingan Karier di Pondok Pesantren Al-Kautsar Pamekasan). PERDIKAN : Journal of Community Engagement, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.19105/pjce.v3i1.4341.

Herr, E. L., Cramer, S. H., & Niles, S. G. (2004). Career Guidance and Counseling Through the Lifespan: Systematic Approaches (6th ed.). USA: Allyn & Bacon.

Husna, I., Ramadhani, S., & Ilhamy, M. L. (2023). Analisis Fenomena Budaya Ngopi Sebagai Gaya Hidup Generasi Millenial (Studi Kasus pada Coffee Shop Pasco Bagan Batu Riau). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(2), 267–277. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i2.1105.

Istiqlailia, N., & Sa’idah, I. (2021). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa Kelas XII Putri MA Miftahul Qulub Galis Pamekasan. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.19105/ec.v2i2.4937.

Levin, N., Braunstein-Bercovitz, H., Lipshits-Braziler, Y., Gati, I., & Rossier, J. (2020). Testing the structure of the Career Decision-Making Difficulties Questionnaire across country, gender, age, and decision status. Journal of Vocational Behavior, 116(Part A), Article 103365. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2019.103365.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., and Voegtle, K. H. (2010). Methods in Educational Research. USA: John Wiley & Sons.

Marcomm, M. (2019). Millennials. Jakarta: Fantasious x Loveable.

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish.

Middleton, E. B., & Loughead, T. A. (1993). Parental influence on career development: An integrative framework for adolescent career counseling. Journal of Career Development, 3(19), 161–173. https://doi.org/10.1177/089484539301900302.

Novick, P. (1988). That noble dream: The’objectivity question’and the American historical profession. (13th ed.). US: University Press.

Nye, C. D., Su, R., Rounds, J., & Drasgow, F. (2012). Vocational Interests and Performance: A Quantitative Summary of Over 60 Years of Research. Perspectives on Psychological Science, 7(4), 384–403. https://doi.org/10.1177/1745691612449021.

Osipow, S. H. (1973). Theories of career development (2nd ed.). USA: Appleton-Century-Crofts.

Priyadi, I. H., Sultoni, M. H., & Aulia, F. U. (2020). Karakteristik Wirausaha Muslim Madura: Analisis berdasarkan Teori Kewirausahaan Modern dan Peribahasa Madura. In ICONIS: International Conference on Islamic Studies, 4, 95–102. Retrieved from https://conference.iainmadura.ac.id/index.php/iconis/article/view/47/43.

Rahmi, S. (2015). Pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa di kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1), 28-38. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1354.

Reardon, R. C., & Lenz, J. G. (1999). Holland’s Theory and Career Assessment. Journal of Vocational Behavior, 55(1), 102-113. https://doi.org/10.1006/jvbe.1999.1700.

Sa’idah, I. (2018). Memprediksi Minat Karier dan Pilihan Aspirasi Terhadap Pertimbangan Pilihan Karier Berdasarkan Social Cognitive Career Theory (SCCT). JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(2), 48–56. https://doi.org/10.21067/jki.v3i2.2470.

Sa’idah, I., Atmoko, A., & Muslihati, M. (2021). Aspirasi Karier Generasi Milenial. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 62–89. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/ec.v2i1.4429.

Saputri, D. Y., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge Into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329.

Savickas, M. L. (2005). The Theory and Practice of Career Construction. In S. D. Brown & R. W. Lent (Eds.), Career development and counseling: Putting theory and research to work (pp. 42–70). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Super, H., van der Togt, C., Spekreijse, H., & Lamme, V. A. (2003). Internal State of Monkey Primary Visual Cortex (V1) Predicts Figure–Ground Perception. Journal of Neuroscience, 23(8), 3407–3414. https://doi.org/10.1523%2FJNEUROSCI.23-08-03407.2003.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan karier di SMK. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/197102191998021-NANDANG_BUDIMAN/BIMBINGAN_KARIER_DI_SMK.pdf.

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Ishlakhatus Sa’idah, Moh. Ziyadul Haq Annajih, & Diana Vidya Fakhriyani. (2023). Career Orientation of Millennial Teenagers in Madura. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 4(2), 147–161. https://doi.org/10.18326/pamomong.v4i2.358

Terbitan

Bagian

Articles