Hubungan antara Self Awareness dan Self Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banyudono

Penulis

  • Dita Cahyaningtyas Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Ma`rifatin Indah Kholili Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta, Indonesia
  • Adi Dewantoro Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.18326/pamomong.v4i2.319

Kata Kunci:

Self Awareness, Self Efficacy, Pengambilan Keputusan Karier

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui tingkat self awareness, self efficacy, dan kemampuan pengambilan keputusan karier, 2) menganalisis hubungan self awareness dengan pengambilan keputusan karier, 3) menganalisis hubungan self efficacy dengan pengambilan keputusan karier, 4) menganalisis hubungan antara self awareness dan self efficacy dengan pengambilan keputusan karier. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala psikologi. Hasil penelitian ini adalah 1) Rata-rata siswa memiliki self awareness di tingkat sedang, self efficacy di tingkat sedang, dan pengambilan keputusan karier di tingkat tinggi 2) terdapat hubungan positif dengan tingkat korelasi sedang antara self awareness dengan pengambilan keputusan karier, diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,000 dan nilai koefisien korelasi 0,407. 3) tidak terdapat hubungan antara self efficacy dengan pengambilan keputusan karier, diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,751 dan nilai koefisien korelasi 0,038. 4) secara simultan terdapat hubungan signifikan positif dengan tingkat korelasi sedang antara self awareness dan self efficacy dengan pengambilan keputusan karier, diperoleh nilai sig. (2- tailed) 0,002 dan nilai R 0,409. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin tinggi self awareness dan self efficacy, maka akan semakin tinggi pula pengambilan keputusan karier siswa, begitupun sebaliknya.

Referensi

Agnia, H. & Dasalinda, D. (2022). Hubungan Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sukakarya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2749-2755. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.759.

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Apriansyah, A., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.1-11.

Ardiyanti, D. & Alsa, A. (2015). Pelatihan “PLANS” untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.22146/gamajpp.7357.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arofah, L., & Sancaya, S. A. . (2022). Self Awareness: Suatu Kecakapan Yang Harus Dikuasai Dalam Pengambilan Keputusan Karier. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 907–914. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2412.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. New Jersey : Prentice-Hall.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company. https://doi.org/10.1002/9781119547174.ch243.

Corey, G. (2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. (E. Koeswara (ed.)). Bandung: Reflika Aditama.

Farenti, F. & Sekonda, F. A. (2022). Pengaruh Kesadaran Diri (Self Awareness) terhadap Perencanaan Karier pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13640–13646. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4488.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Fhatmawati, A. (2020). Hubungan Antara Self-Awareness dengan Tanggung Jawab Remaja di Panti Pelayanan Sosial Anak (Ppsa) Pamardi Utomo Boyolali. (Unpublished master’s thesis) IAIN Surakarta, Surakarta, Indonesia.

Fitri, E., & Khairani. (2019). Independence Of SMK Class XI Students is Making Career Decision. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6. https://doi.org/10.24036/00183kons2019.

Karimi, L., & Rada, J. (2015). Emotional intelligence and self-awareness. In G. Day & S. Leggat (Authors), Leading and Managing Health Services: An Australasian Perspective (pp. 55-66). Cambridge: Cambridge University Press. doi:10.1017/CBO9781316161777.008.

Hafizha, R. (2022). Profil Self-awareness Remaja. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), 159–166. https://doi.org/10.32627/jeco.v2i1.416.

Hotmauli, M. (2022). Implementasi Teori Ginzberg dalam Bimbingan Konseling Karir: Literature Review. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2), 98–104. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.664.

Krumboltz, J. D. (2009). The Happenstance Learning Theory. Journal of Career Assessment, 17(2), 135–154. https://doi.org/10.1177/1069072708328861.

Lailatussaidah, L., Isti’, F. N. L., Nugraha, A. (2021) Profile of self-awareness among junior high school students. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(2), 62-72. http://dx.doi.org/10.21831/progcouns.v2i2.41189.

Lestari, D., & Supriyo, S. (2017). Kontribusi Minat Jurusan, Kualitas Layanan Informasi Karir, dan Pemahaman Karir terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 47=54. https://doi.org/10.15294/jubk.v5i1.18520.

Mamahit, H. C. (2014). Hubungan Antara Determinasi Diri Dan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma. Jurnal Psiko-Edukasi, 12(2), 90–100. Retrieved from http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/297.

Mardlia, D., Sukiatni, D. S., Kusumandari, R. (2021). Self awareness dan pengambilan keputusan karier pada siswa. INNER: Journal of Psychological Research, 1(2), 61-69.

Özek, H. & Ferraris, A. (2018). The Role of Self-Awareness and Self-Efficacy on Career Decision-Making: An Innovative Perspective. In: Vrontis, D., Weber, Y., Thrassou, A., Shams, S., Tsoukatos, E. (eds) Innovation and Capacity Building. Palgrave Studies in Cross-disciplinary Business Research, In Association with EuroMed Academy of Business. Palgrave Macmillan, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90945-5_11.

Pramudi, H. (2015). Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(4), 1-17. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/171.

Sari, N. L., Rosra, M., & Mayasari, S. (2019). Penggunaan Konseling Gestalt untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa The Use of Gestalt Counseling to Improve Students Self Awareness. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1), 1-15. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/17685.

Setiyani, P., Ismanto, H. S., & Ajie, G. R. (2023). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Juwana. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 83-95. Retrieved from https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/426.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Cahyaningtyas, D., Kholili, M. I., & Dewantoro, A. (2023). Hubungan antara Self Awareness dan Self Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banyudono. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.18326/pamomong.v4i2.319

Terbitan

Bagian

Articles