POTENSI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN MOBILITAS SOSIAL BAGI ANAK BANGSA DI NEGERI JIRAN

Authors

  • Hakim Aufa Taqiyyuddin, Aulia Salsabila, Amanda Maulina Amalia, Nur Azizah, Razif Hanani UIN Salatiga

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan potensinya dalam menciptakan mobilitas sosial bagi anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Pendidikan merupakan faktor penting untuk terciptanya mobilitas sosial atau berpindahnya status sosial dalam sebuah kelompok sosial secara vertikal. Pengumpulan data dalam studi ini dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada murid kelas sembilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Masing-masing mereka akan diberikan beberapa pertanyaan terkait pendidikan yang mereka jalani selama di Malaysia dan diakaitkan dengan kehidupan serta cita-cita mereka di masa yang akan datang. Beberapa anak memiliki semangat motivasi belajar, akan tetapi tidak didukung oleh orangtua mereka untuk meneruskan pendidikan.  Peneliti juga mengobservasi kegiatan pendidikan yang ada di Johor Bahru, tepatnya di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Dengan turut berinterksi dengan seluruh warga sekolah di Sekolah Indoensia Johor Bahru (SIJB) serta turut memberikan kontribusi pembelajaran untuk anak-anak Indonesia yang bersekolah di SIJB. Kemudian peneliti membuat kesimpulan berdasarkan analisis dan informasi-informasi yang mendukung. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa potensi pendidikan dapat mempengaruhi terciptanya pergeseran atau perpindahan kelas sosial secara vertikal yang terjadi pada anak bangsa yang berada di negeri jiran Malaysia.

Kata kunci : pendidikan, mobilitas sosial, Malaysia.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Aulia Salsabila, Amanda Maulina Amalia, Nur Azizah, Razif Hanani, H. A. T. (2023). POTENSI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN MOBILITAS SOSIAL BAGI ANAK BANGSA DI NEGERI JIRAN . ALKADIMAT, 1(2), 71–76. Retrieved from https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/1968

Issue

Section

Articles