PEMBINAAN ADMINISTRASI KURIKULUM MERDEKA DI TK MUTIARA TERBAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Siti Khoirun Nisa, Tasdiqotul Walidah, Ni’mah Latifatul Laila, Malik Suhardi, dan Syafi Aziz Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga

Keywords:

kurikulum merdeka; pendidikan; pengabdian

Abstract

Kewirausahaan atau Enterprenership adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk
pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap
hari. Dengan meningkatkan semangat Enterprenership dapat memotivasi para pemuda
dalam membuka wawasan dalam memaksimalkan inovasi dan kreativitas para pemuda
dalam membangun sebuah usaha yang berpeluang menciptakan lapangan kerja baru bagi
warga dusun. Secara tidak langsung, hal tersebut turut berkontribusi dalam meningkatkan
ekonomi negara, karena dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Didukung
dengan teknologi pada masa kini yang terus berkembang. Banyak peluang usaha yang
dapat dikembangkan. Hal tersebut dapat menjadi solusi bagi para pemuda Dusun Trisip
yang memiliki permasalahan dalam mencari penghasilan untuk hidup, antara lain;
1)Kurangnya pengembangan skill dalam berwirausaha, 2)Terbatasnya lowongan pekerjaan,
3)Tingginya harapan pemuda dalam mencari penghasilan. Dengan permasalahan tersebut,
Kegiatan KKN menghadirkan program pelatihan kewirausahaan yang bertujuan untuk membantu para pemuda dalam mencari penghasilan. Adapun metode metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Masyarakat. Para pemuda yang mengikuti
pelatihan kewirausahaan ini dapat terbantu dalam proses meningkatkan semangat pemuda
untuk berwirausaha atau menjadi enterprenership.
Kata Kunci: Pelatihan; Kewirausahaan; Pemuda. 

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Tasdiqotul Walidah, Ni’mah Latifatul Laila, Malik Suhardi, dan Syafi Aziz, S. K. N. (2023). PEMBINAAN ADMINISTRASI KURIKULUM MERDEKA DI TK MUTIARA TERBAN TAHUN AJARAN 2023/2024. ALKADIMAT, 1(2), 81–87. Retrieved from https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/1597

Issue

Section

Articles