PENGUATAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN KARAKTER MELALUI PPM 2025: PENDAMPINGAN TPQ, GERAKAN BERSIH MASJID, DAN SOSIALISASI ANTI-BULLYING DI DUSUN KALIJALI, DESA TEGALWATON, KECAMATAN TENGARAN, KABUPATEN SEMARANG

Penulis

  • Alifah Anggi Pratiwi UIN Salatiga
  • Sabrina Rahmadita D.N. UIN Salatiga
  • Mizat Fahru Azkiya' UIN Salatiga
  • Yudha Dwi Pamungkas UIN Salatiga
  • Sri Indarti UIN Salatiga
  • Ais Azizah
  • Anastasya Regita Pramesty UIN Salatiga
  • Fitri Wahyuni
  • Raka Akbar Nugraha UIN Salatiga

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan

Praktikum Pengabdian Masyarakat (PPM) merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menekankan keterpaduan antara pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini, penelitian ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan keagamaan dan karakter anak melalui tiga kegiatan utama: pendampingan TPQ, gerakan bersih-bersih masjid dan pemasangan kaligrafi, serta sosialisasi anti-bullying.

Metodologi

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan partisipasi aktif anak-anak TPQ, pengurus masjid, dan masyarakat. Tahapan meliputi identifikasi masalah, perencanaan program, pelaksanaan, dan evaluasi.

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan pengabdian ini menghasilkan beberapa capaian penting. Pertama, kegiatan pendampingan TPQ mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an, khususnya melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Kedua, kegiatan bersih-bersih masjid serta pemasangan kaligrafi membawa dampak nyata terhadap kebersihan lingkungan masjid dan tertata serta menambah keindahan rumah ibadah dengan pemasangan kaligrafi. Ketiga, sosialisasi anti-bullying memberikan ruang bagi anak-anak untuk mengekspresikan pengalaman dan perasaannya, sehingga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya saling menghargai, menghormati, serta menjaga kebersamaan.

Keterbatasan Penelitian

Hambatan dalam program pengabdian yaitu kurangnya minat belajar sebagian anak-anak di TPQ dan padatnya jadwal kegiatan masyarakat sehingga sering berbenturan dengan program mahasiswa.

Kata kunci

Pengabdian masyarakat, Pendidikan Keagamaan, Penguatan karakter

 

ABSTRACT

Purpose

Community Service Practicum (PPM) is a form of implementing the Tri Dharma of Higher Education, which emphasizes the integration of education, research, and community service. In this context, this study aims to strengthen religious education and children’s character through three main activities: TPQ mentoring, mosque cleaning and calligraphy installation, and anti-bullying socialization.

Methodology

The method employed in this study is the Participatory Action Research (PAR) approach, which involves the active participation of TPQ children, mosque administrators, and the local community. The stages include problem identification, program planning, implementation, and evaluation.

Result

The findings of this study indicate several significant outcomes achieved through these community service activities. First, the TPQ mentoring program successfully enhanced children’s motivation and ability in reading the Qur’an, particularly through interactive and engaging learning methods. Second, the mosque cleaning activities and the installation of calligraphy had a tangible impact on improving the cleanliness and organization of the mosque environment, while also enhancing the aesthetic value of the place of worship. Third, the anti-bullying socialization provided children with a platform to express their experiences and feelings, thereby fostering awareness of the importance of mutual respect, appreciation, and togetherness.

Research Limitations

The obstacles in the community service program are the lack of interest in learning among some of the TPQ children and the busy schedules of community activities, which often conflict with the students’ programs

Key words

Community Service, Religious Education, Character Building

 

Diterbitkan

2025-12-24

Cara Mengutip

Pratiwi, A. A., D.N., S. R., Azkiya’, M. F., Pamungkas, Y. D., Indarti, S., Azizah, A., Pramesty, A. R., Wahyuni, F., & Nugraha, R. A. (2025). PENGUATAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN KARAKTER MELALUI PPM 2025: PENDAMPINGAN TPQ, GERAKAN BERSIH MASJID, DAN SOSIALISASI ANTI-BULLYING DI DUSUN KALIJALI, DESA TEGALWATON, KECAMATAN TENGARAN, KABUPATEN SEMARANG. ALKADIMAT, 3(2), 156–163. Diambil dari https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/5239

Terbitan

Bagian

Articles