STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK USIA DINI MELALUI PROGRAM PRAKTIKUM PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM) DI TPQ DESA PASEKAN

Penulis

  • Khadlorotul Khaq Universitas Islam Negeri Salatiga

Abstrak

Tujuan

Pengabdian masyarakat adalah kegiatan yang dilakukan untuk membantu menyejahterakan atau mengatasi permasalahan yang ada di dalam masyarakat. Dalam konteks ini, penelitian tentang moderasi beragama bertujuan untuk menanamkan pemahaman, sikap, pengetahuan, dan praktik keagamaan yang seimbang dan inklusif kepada masyarakat. Dalam hal ini kami ingin memberikan pemahaman mengenai strategi pembelajaran Al-Qur’an untuk usia dini dalam suatu wilayah yang kami pilih.

Metodologi

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini dipilih karena peneliti ingin memahami secara mendalam dan holistik fenomena yang terjadi di lokasi penelitian, yaitu TPQ Desa Pasekan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu strategi pembelajaran Al-Qur’an, dan untuk variabel dependen ialah tingkat kemampuan atau kualitas pembelajaran Al-Qur'an untuk usia dini.

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Al-Qur’an melalui program PPM di TPQ Desa Pasekan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman anak usia dini. Pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, seperti bernyanyi dan media flashcard, efektif dalam menciptakan suasana belajar yang ceria dan memotivasi anak untuk belajar membaca dan memahami Al-Qur’an. 

Keterbatasan Penelitian

Keterbatasan penelitian ini yaitu waktu pelaksanaan program Praktikum Pengabdian Masyarakat (PPM) secara singkat, yang hanya terlaksana selama  satu bulan mencakup 9 Dusun TPQ dengan waktu mengajar hanya 10 hari disetiap 3 Dusun TPQ, hal tersebut menjadi hambatan utama dalam proses penelitian. Durasi yang terbatas ini tidak memadai untuk mengamati dampak jangka panjang pada strategi pembelajaran Al-Qur'an terhadap perkembangan anak usia dini. Perubahan pada kemampuan membaca dan pemahaman Al-Qur'an sering kali membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa dievaluasi secara menyeluruh.

Kata kunci

Strategi Pembelajaran, Al-Qur'an, Anak Usia Dini, Praktikum Pengabdian Masyarakat, TPQ

 

Purpose

Community service is an activity undertaken to help improve the welfare or address existing problems within a community. In this context, research on religious moderation aims to instill balanced and inclusive religious understanding, attitudes, knowledge, and practices in the community. In this context, we aim to provide an understanding of Quranic learning strategies for early childhood in a selected region.

Methodology

This research employed a qualitative method with a case study approach. This approach was chosen because the researchers sought to gain a deep and holistic understanding of the phenomena occurring at the research location, the TPQ (Islamic primary school) in Pasekan Village. Data were collected through participant observation, in-depth interviews, and documentation studies. The independent variable in this study was the Qur'an learning strategy, and the dependent variable was the level of ability or quality of Qur'an learning for early childhood.

Result

The research results show that the use of Quranic learning strategies through the Community Service Program (PPM) at the TPQ (Teaching and Religious Education Center) in Pasekan Village can increase the motivation and understanding of young children. Fun and interactive approaches, such as singing and flashcards, are effective in creating a cheerful learning atmosphere and motivating children to read and understand the Quran.

Research Limitations

The limitation of this research is the short implementation time of the Community Service Practicum (PPM) program, which was only implemented for one month covering 9 TPQ Hamlets with a teaching time of only 10 days in each of the 3 TPQ Hamlets, this became the main obstacle in the research process. This limited duration is not adequate to observe the long-term impact of the Qur'an learning strategy on early childhood development. Changes in the ability to read and understand the Qur'an often require a longer time to be fully evaluated.

Key words

Learning Strategy, Al-Qur'an, Early Childhood, Community Service Practicum, TPQ

Diterbitkan

2025-12-24

Cara Mengutip

Khaq, K. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK USIA DINI MELALUI PROGRAM PRAKTIKUM PENGABDIAN MASYARAKAT (PPM) DI TPQ DESA PASEKAN. ALKADIMAT, 3(2), 100–106. Diambil dari https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/4982

Terbitan

Bagian

Articles