JURNAL PENGUATAN AKSES PENDIDIKAN ANAK MIGRAN MELALUI COMMUNITY LEARNING CENTER (CLC) DI JOHORR, MALAYSIA

Penulis

  • Sinta Wahyu Lutfiyah, Khofifah Aulia Fayumi, Hasna Azzahratullatifah Harahap, Azizah Noormaningsih, Alfiah Jannah Azzahra, Avyla Ainil Hida, Sofya Nadya Salma Arifin student

Abstrak

Anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia menghadapi hambatan signifikan dalam mengakses pendidikan formal akibat regulasi negara setempat. Community Learning Center (CLC) hadir sebagai solusi alternatif untuk menyediakan pendidikan dasar dan menengah secara informal. Penelitian ini mengkaji efektivitas CLC di Johor serta pengalaman mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di CLC Ladang Kosma, Muar, dan Pahang. Metode yang digunakan meliputi penyediaan bahan ajar, sosialisasi budaya, pembiasaan religius, serta evaluasi pembelajaran. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan literasi anak migran dan penguatan kapasitas profesional calon guru. Namun, tantangan terkait dana, fasilitas, dan pengakuan formal masih menjadi hambatan utama.

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

Khofifah Aulia Fayumi, Hasna Azzahratullatifah Harahap, Azizah Noormaningsih, Alfiah Jannah Azzahra, Avyla Ainil Hida, Sofya Nadya Salma Arifin, S. W. L. (2024). JURNAL PENGUATAN AKSES PENDIDIKAN ANAK MIGRAN MELALUI COMMUNITY LEARNING CENTER (CLC) DI JOHORR, MALAYSIA. ALKADIMAT, 2(2), 155–158. Diambil dari https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/4053

Terbitan

Bagian

Articles