STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS TPQ DALAM MEMBANGUN FONDASI PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA GEDONG

Penulis

  • Linda Sofiana UIN Salatiga
  • Ayu Dwiningsih UIN Salatiga
  • Salwa Salsabila UIN Salatiga
  • Rief'an Wicaksana UIN Salatiga

Kata Kunci:

kualitas, pelatihan pengajar, strategi efektif,

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) sebagai fondasi pendidikan anak usia dini. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pengajar, dan anak-anak di beberapa TPQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas TPQ dapat dicapai melalui pelatihan pengajar, penggunaan kurikulum yang berorientasi pada karakter dan nilai keagamaan, serta peningkatan keterlibatan pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada hari kegiatan mengajar mahasiswa di TPQ yang terbatas sehingga hasil penelitian ini mungkin tidak sepenuhnya TPQ di wilayah lain. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan kebijakan dan strategi untuk memperkuat pendidikan anak usia dini melalui TPQ.

Kata kunci : kualitas, observasi, wawancara, dokumemtasi.

 

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

Sofiana, L., Dwiningsih, A., Salsabila, S., & Wicaksana, R. (2024). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS TPQ DALAM MEMBANGUN FONDASI PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA GEDONG. ALKADIMAT, 2(1), 12–19. Diambil dari https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/3056

Terbitan

Bagian

Articles