PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PEMASARAN UMKM DESA DERSANSARI PADA ACARA EXPO UMKM & GELAR BUDAYA KECAMATAN SURUH 2025
Abstract
Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan pemdampingan seraca langsung di lokasi guna memperoleh informasi secara mendalam tentang proses pemberdayaan dan pemasaran UMKM Desa Dersansari pada acara Expo UMKM & Gelar Budaya Kecamatan Suruh 2025.
Pemberdayaan masyarakat melalui acara Expo UMKM & Gelar Buadaya 2025 Kecamatan Suruh melibatkan kegiatan pemasaran produk UMKM yang menyeluruh dan terstruktur, termasuk penataan booth yang menarik sebagai sarana promosi produk UMKM. Selama acara, pencatatan transasksi dilakukan secara rinci untuk membangun manajemen pelanggan yang terorganisir serta mempermudah promosi dimasa depan. Data penjualan produk UMKM Desa Dersanasri mengalami peningkatan.
Pendampiangan kepada pelaku UMKM dilakukan sebelum, saat, dan sesudah expo dengan pendekatan ABCD. Pelatihan inovasi produk, strategi pemasaran, dan teknik kemasan diberikan untuk meningkatkan daya tarik produk. Selama expo, tim fasilitator mendukung pelaku UMKM dalam mempresentasikan dan membangun hubungan jangka panjang. Setelah expo, pendampingan berfokus pada evaluasi umpan balik dan pengembangan produk agar sesuai dengan tren pasar.
Wawancara dengan pelaku UMKM mengungkapakan keberhasilan expo dalam memperluas pengenalan produk dan meningkatkan volume penjualan secara berkelanjutan. Keterlibatan pemerintah desa dan interaksi langsung dengan konsumen memperkuat pemberdayaan ekonomi masyarakat. Secara keseluruhan, acara ini efektif sebagai platform pengembangan kapasitas UMKM menuju peningkatan ekonomi desa berkelanjutan.
Penelitian ini menggunakan data dari wawancara yang terbatas, sehingga tidak mencakup seluruh perspektif pelaku UMKM atau konsumen. Pengumpulan data yang lebih luas juga diperlukan dalam penelitian ini dengan melibatkan metode lain seperti survei, observasi, dan studi kasus.
