PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS MODERASI BERAGAMA: STUDI IMPLEMENTASI KKN UIN SALATIGA TAHUN 2024 DI DESA POPONGAN
Keywords:
edukasi, sosialisasi, pembelajaran sosialAbstract
Abstract
Community service through Real Work Lectures (KKN) is one form of student contribution in overcoming problems in society. This research aims to examine the role of KKN in increasing awareness such as social learning in village communities, teaching students to live socially among all levels of society in the village. The method used in this research is observation. KKN students participated in Al-Quran education (TPQ) and Akhirussanah activities, providing education to children regarding elementary school bullying socialization and education regarding parenting socialization to kindergarten parents, youth posyandu cadre formation, distribution and planting of seeds. The results of this research show that through KKN, the level of student socialization towards society shows a significant increase. Through socialization in kindergartens and elementary schools, it shows a reduction in the level of bullying carried out by KKN students. The implementation of the Community Service Program (KKN) at the Salatiga State Islamic University in collaboration with Popongan Village is very beneficial for the village residents. Implemented in accordance with students' plans and expectations, including social learning in the community, teaching students to live socially among all levels of society in the village. Apart from that, the existence of KKN can increase awareness and responsibility as well as form leadership character and independence in carrying out community service tasks.
Keywords: Community 1; Activity 2; Popongan 3.
Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran KKN dalam meningkatkan kesadaran seperti pembelajaran sosial di tengah masyarakat desa, mengajarkan kepada mahasiswa untuk hidup bersosialisasi kepada semua kalangan masyarakat di desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Mahasiswa KKN berpartisipasi dalam kegiatan tempat pendidikan al-quran (TPQ) dan akhirussanah, memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai sosialisasi bullying SD dan edukasi mengenai sosialisasi parenting kepada walimurid TK, Kaderisasi posyandu remaja, pembagian dan penanaman bibit. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui KKN, tingkat sosialisasi mahasiswa terhadap masyarakat menunjukkan peningkatan yang signifikan. Melalui sosialisasi di TK dan SD menunjukkan pengurangan tingkat bullying yang dilakukan oleh mahasiswa KKN. Penyelenggaraan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Islam Negeri Salatiga berkerjasama dengan Desa Popongan sangat bermanfaat bagi warga desa. Dilaksanakan sesuai dengan rencana dan harapan mahasiswa, diantaranya pembelajaran sosial di tengah masyarakat, mengajarkan kepada mahasiswa untuk hidup bersosialisasi kepada semua kalangan masyarakat di desa. Selain itu, adanya KKN ini dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab serta membentuk karakter kepemimpinan dan kemandirian dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan masyarakat.
Kata kunci: Pengabdian 1; Aktivitas 2; Popongan 3.