Pemberdayaan UMKM Desa Nguling Melalui Pelatihan Konten Media Kreatif

Authors

  • Pudji Rahmawati Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya
  • Nur Fadilah Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya
  • Devi Oktavia Pramesti Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya
  • Firmansyah Firmansyah Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya
  • Nurhaliza Az Zahra Sunan Ampel State Islamic University, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.18326/imej.v6i2.195-214

Keywords:

pemberdayaan, konten kreatif, media digital

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan kesejahteraan masyarakat dalam segi perekonomian yang perlu dicegah dengan solusi inovatif sehingga membawa dampak keberlanjutan bagi masyarakat. Contoh solusi inovatif tersebut yaitu mengadakan pelatihan konten dan media kreatif digital dengan sasaran utama yaitu para pelaku UMKM. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan perekonomian Desa Nguling, Pasuruan, melalui pengembangan ide konten dan pemanfaatan platform digital sehingga dapat mencegah isu tersebut. Manfaat dari adanya pelatihan ini yaitu masyarakat dapat terlibat aktif dalam pemanfaatan sumber daya lokal dan pengembangan komunitas yang menjadi kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ABCD (Asset Based Community Development). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa keterampilan konten kreatif dan media digital dapat meningkatkan peluang ekonomi dengan mempromosikan UMKM dan spot wisata lokal.

Published

27-12-2024

How to Cite

Rahmawati, P., Fadilah, N., Pramesti, D. O., Firmansyah, M. R., & Az Zahra, N. (2024). Pemberdayaan UMKM Desa Nguling Melalui Pelatihan Konten Media Kreatif. Islamic Management and Empowerment Journal, 6(2), 195–214. https://doi.org/10.18326/imej.v6i2.195-214