https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/issue/feedALKADIMAT2024-06-28T01:22:10+00:00Marwantoalkadimat@uinsalatiga.ac.idOpen Journal Systems<p>ALKADIMAT is a Social and Religious Service Journal published by the Institute for Research and Community Service (LP2M) UIN Salatiga. This journal publication aims to disseminate conceptual thoughts, ideas, and research results achieved in community service. This statement clarifies the ethical behavior of all parties involved in publishing articles in this journal, including the author, editor-in-chief, Editorial Board, peer-reviewers, and publisher (Institute for Research and Community Service UIN Salatiga).</p>https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/2086PENERAPAN MERDEKA BELAJAR PADA BIMBINGAN BELAJAR DI KALILONDO SALATIGA2024-06-28T01:22:10+00:00Olfia Nazhmi Hanifa, Miftachuddinolfianazhmihanifa@gmail.com<p>Secara umum merdeka belajar adalah merdeka berpikir, merdeka berinovasi, merdeka belajar mandiri dan kreatif, namun disini merdeka belajar diintrepretasikan merdeka belajar sesuai dengan kegemaran pada anak-anak tersebut, Pada proses bimbingan belajar yang dilakukan dengan metode merdeka belajar ini harus disertai dengan hal-hal yang inovatif serta kreatif sehingga membangun minat anak untuk anak belajar. Dalam upaya mewujudkan merdeka belajar tidak lepas dari berbagai pihak diantaranya dukungan masyarakat dan orang tua yang menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif.dengan demikian anak merasa tidak terbebani ketika belajar, merasa nyaman dan aman juga didapatkan ketika melakukan proses bimbingan belajar dengan metode merdeka belajar ini. Ini memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan dibantu oleh teman sebaya. Model pembelajaran kreatif memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, mendorong siswa untuk menggunakan teknologi, terutama internet dan perangkat elektronik. Semua siswa memiliki kemampuan abadi yang tidak dapat diubah; ada yang pintar dan ada yang bodoh; kecerdasan diturunkan secara genetik; angka menunjukkan prestasi. Tanpa upaya untuk menerapkan metode pembelajaran yang memiliki kemampuan untuk mengubah kinerja siswa, gagasan ini tidak dapat diperdebatkan. Setiap orang memiliki kemampuan yang luar biasa, dan setiap orang dapat mengembangkan kemampuan itu melalui “lifelong learning capacity” yang didukung oleh kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap masalah dunia nyata. Di tempat ini, peserta didik memiliki kesempatan yang luas untuk berpikir kreatif, menciptakan sesuatu baru, dan bekerja sama dengan teman-teman untuk membangun pemikiran konstruktif, yang memungkinkan mereka untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran mereka</p>2023-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL-KADIMAThttps://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/1968POTENSI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN MOBILITAS SOSIAL BAGI ANAK BANGSA DI NEGERI JIRAN 2024-06-27T02:07:28+00:00Hakim Aufa Taqiyyuddin, Aulia Salsabila, Amanda Maulina Amalia, Nur Azizah, Razif HananiHakim.aufa21@gmail.com<p>Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan potensinya dalam menciptakan mobilitas sosial bagi anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Pendidikan merupakan faktor penting untuk terciptanya mobilitas sosial atau berpindahnya status sosial dalam sebuah kelompok sosial secara vertikal. Pengumpulan data dalam studi ini dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada murid kelas sembilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Masing-masing mereka akan diberikan beberapa pertanyaan terkait pendidikan yang mereka jalani selama di Malaysia dan diakaitkan dengan kehidupan serta cita-cita mereka di masa yang akan datang. Beberapa anak memiliki semangat motivasi belajar, akan tetapi tidak didukung oleh orangtua mereka untuk meneruskan pendidikan. Peneliti juga mengobservasi kegiatan pendidikan yang ada di Johor Bahru, tepatnya di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB). Dengan turut berinterksi dengan seluruh warga sekolah di Sekolah Indoensia Johor Bahru (SIJB) serta turut memberikan kontribusi pembelajaran untuk anak-anak Indonesia yang bersekolah di SIJB. Kemudian peneliti membuat kesimpulan berdasarkan analisis dan informasi-informasi yang mendukung. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa potensi pendidikan dapat mempengaruhi terciptanya pergeseran atau perpindahan kelas sosial secara vertikal yang terjadi pada anak bangsa yang berada di negeri jiran Malaysia.</p> <p>Kata kunci : pendidikan, mobilitas sosial, Malaysia.</p>2023-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL-KADIMAThttps://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/949STEPPING THROUGH EDUCATION: EDUCATION TRANSFORMATION OF CHILDREN OF IMMIGRANT WORKERS (ILLEGAL) KOTA KINABALU WITH THE SUPPORT OF SIKK IN COLLABORATION WITH UIN SALATIGA2024-01-31T13:07:24+00:00Afuza Luqyanata Awwaly Al emzaluqyanataalemza@gmail.comDias Ayu Miftakhul Jannahdiasmiftakhul4@gmail.comResyta Laras Pradaniresytapradani@gmail.comTantri Hayuningtyas31serein@gmail.comRilia Dian Pramestiriliadian@gmail.com<p>This research employs a qualitative research method, specifically a ( Case Study ) to depict the life transformation of children of illegal immigrant workers in Kota Kinabalu through educational access. The primary focus is on the support provided by SIKK and UIN Salatiga. Through the case study approach, the research delves deep into the specific context, dynamics of relationships, and the comprehensive impact of education on the lives of these children. The findings offer profound insights into how education can be a key to overcoming their life challenges, highlighting the positive potential of cross-institutional collaboration between SIKK and UIN Salatiga in supporting this transformative process.The education of children of Indonesian Migrant Workers is an important issue in Sabah,therefore it is an important effort of UIN Salatiga in handling education Children of Indonesian Migrant Workers in Sabah. Efforts made between UIN Salatiga which will cooperate with SIKK. Result between the two parties, Sekolah Kota Kinabalu (SIKK) and UIN Salatiga held scholarships for children attending SIKK.</p>2023-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL-KADIMAThttps://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/1597PEMBINAAN ADMINISTRASI KURIKULUM MERDEKA DI TK MUTIARA TERBAN TAHUN AJARAN 2023/20242024-03-30T01:04:54+00:00Siti Khoirun Nisa, Tasdiqotul Walidah, Ni’mah Latifatul Laila, Malik Suhardi, dan Syafi Azizkhoirunnisaanis47@gmail.com<p>Kewirausahaan atau Enterprenership adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk<br>pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap<br>hari. Dengan meningkatkan semangat Enterprenership dapat memotivasi para pemuda<br>dalam membuka wawasan dalam memaksimalkan inovasi dan kreativitas para pemuda<br>dalam membangun sebuah usaha yang berpeluang menciptakan lapangan kerja baru bagi<br>warga dusun. Secara tidak langsung, hal tersebut turut berkontribusi dalam meningkatkan<br>ekonomi negara, karena dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Didukung<br>dengan teknologi pada masa kini yang terus berkembang. Banyak peluang usaha yang<br>dapat dikembangkan. Hal tersebut dapat menjadi solusi bagi para pemuda Dusun Trisip<br>yang memiliki permasalahan dalam mencari penghasilan untuk hidup, antara lain;<br>1)Kurangnya pengembangan skill dalam berwirausaha, 2)Terbatasnya lowongan pekerjaan,<br>3)Tingginya harapan pemuda dalam mencari penghasilan. Dengan permasalahan tersebut,<br>Kegiatan KKN menghadirkan program pelatihan kewirausahaan yang bertujuan untuk membantu para pemuda dalam mencari penghasilan. Adapun metode metode yang<br>digunakan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Masyarakat. Para pemuda yang mengikuti<br>pelatihan kewirausahaan ini dapat terbantu dalam proses meningkatkan semangat pemuda<br>untuk berwirausaha atau menjadi enterprenership.<br>Kata Kunci: Pelatihan; Kewirausahaan; Pemuda. </p>2023-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL-KADIMAThttps://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/1085IMPLEMENTASI WEBSITE MOBILE SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA DESA GEDONG, KECAMATAN BANYUBIRU, KABUPATEN SEMARANG 2024-03-02T11:36:30+00:00Aditya Yusuf Rahmatadityayusufrahmat@gmail.comYulita Dwi Nurainiyulitadnuraini@gmail.comResa Amelia Sariresaameliasari1313@gmail.comIra Febri Handayaniirafebri246@gmail.comHanifahhfah4182@gmail.comSyifa Nabila Rohmahsyifa.nabila1701@gmail.com<p><strong><em>Abstact</em></strong></p> <p><em>This research aims to establish a multipurpose, web-based framework to encourage data access for the village government and the people of Gedong Village, so that the village government can provide data at any time and the community can easily access the data. With this in mind, the research team carried out field coordination, recorded and monitored the handling of village officials and how to obtain data from the community, in order to obtain better archives. Apart from that, analysts also conduct interviews with sources to collect information that is in accordance with the actual substance. Investigate events that occur on websites that are created based on the client's perceptions and images that match the actual situation.</em></p> <p><strong><em>Keywords:</em></strong> <em>Community Empowerment, Mobile Web-Based System, Information Systems</em></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk membentuk suatu kerangka kerja serbaguna berbasis <em>web</em> untuk mendorong akses data bagi pemerintah desa dan masyarakat Desa Gedong, sehingga pemerintah desa dapat memberikan data kapan saja dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses data tersebut. Dalam pemikiran ini, tim peneliti melakukan koordinasi lapangan, mencatat dan memantau penanganan aparatur desa serta cara mendapatkan data dari masyarakat, guna mendapatkan arsip yang lebih baik. Selain itu, para peneliti juga melakukan wawancara terhadap narasumber untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan substansi sebenarnya. Selidiki kejadian-kejadian yang terjadi pada <em>website</em> yang dibuat berdasarkan persepsi dan gambaran klien yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Pemberdayaan Masyarakat, Sistem Berbasis <em>Mobile Website</em>, Sistem Informasi</p>2023-12-28T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL-KADIMAThttps://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/940OPTIMALISASI MUATAN PESAN KEAGAMAAN MELALUI KULIAH KERJA NYATA NUSANTARA MODERASI BERAGAMA (KKN-NMB) DALAM MENYONGSONG AGENDA NASIONAL KAMPUNG MODERASI DI KABUPATEN KATINGAN TAHUN 20232024-01-27T15:17:43+00:00Dyah Ayu Kurniawatidyahdyahayu02@gmail.comYeni Sulistiawatiynstiawati19@gmail.comEka Nurmawatiekanurmawati8@gmail.comFatimah Tsabitah Al-Khairiyahtsabitahfathimah11@gmail.comSarah Aulia Khasifasarahaulia@gmail.com<p>Negara Indonesia memiliki potensi besar dari kemajemukan yang telah menjadi karakteristik bangsa. Kemajemukan agama dan keyakinan di Indonesia menjadi pondasi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus senantiasa dijaga dan dirawat salah satunyanmelalui program-program penguatan kehidupan beragama seperti Kampung Moderasi. Kabupaten Katingan merupakan salah satu ruang keberagamaan yang harus dijaga melalui optimalisasi muatan pesan keagamaan. Pelaksanaan KKN Nusantara Moderasi Beragama merupakan peran aktif akademis dalam menyongsong agenda nasional. Tujuan dari pengabdian masyarakat menjadi kewajiban dari setiap PTK (Perguruan Tinggi Keagamaan) untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan bersinggungan langsung dengan masyarakat multi-kultural sehingga tercapai program prioritas moderasi beragama. Studi pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode pendekatan PAR (<em>participatory action research</em>). Peserta KKN NMB sebagai agen dalam membawa pesan penguatan keagamaan dapat menyongsong agenda nasional yaitu kampung moderasi 2023. Dengan demikian, adopsi KKN moderasi beragama mampu dilakukan secara berkelanjutan dengan membawa pesan keagamaan dan mampu menciptakan kampung moderasi beragama di seluruh Indonesia.</p>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 AL-KADIMAT