SOSIALISASI ETIKA BERMEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA PREVENTIF DAMPAK NEGATIF MEDIA DIGITAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN PIYANGGANG
Keywords:
Action Research, anak, Artikel Tugas KKN UIN SalatigaAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran etis siswa dalam
menggunakan media digital sejak dini. Diharapkan siswa/i SDN Piyanggang
1 mampu menginternalisasi nilai-nilai etika bermedia sosial serta
mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam menghadapi arus
informasi digital. Lebih jauh, kegiatan ini menjadi sarana transfer ilmu dan
pengalaman dari akademisi kepada peserta didik, sehingga mereka tidak
hanya memahami dampak positif dan negatif media sosial, tetapi juga mampu
menggunakannya secara sehat, santun, dan bertanggung jawab.
Metode Kegiatan dilaksanakan dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan
deskriptif Participatory Action Research (PAR) melalui empat tahapan yakni
asesmen, aksi, refleksi, dan tindak lanjut. Subjek kegiatan adalah siswa-siswi
SDN Piyanggang 1. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ini pada tanggal
30 juli 2025 pukul 08.00-10.00 di ruang kelas tiga SDN Pianggang 1
Hasil Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas siswa telah menggunakan
media sosial secara intensif, namun sebagian besar belum memahami prinsip
etika digital yang tepat, bahkan beberapa menganggap perilaku negatif di
media sosial sebagai hal yang wajar. Setelah mengikuti program, siswa
menunjukkan peningkatan pemahaman mengenai pentingnya menjaga sopan
santun, privasi, dan sikap kritis terhadap informasi di media sosial
Keterbatasan
Penelitian
Keterbatasan penelitian ini adalah ruang lingkup yang masih terbatas pada
satu sekolah dengan jangka waktu singkat, sehingga diperlukan penelitian
lanjutan dengan cakupan lebih luas dan waktu lebih panjang untuk menilai
efektivitas jangka panjang program.
