MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN KELUARGA SEJAHTERA: SERANGKAIAN PROGRAM PENDIDIKAN DI DESA TLOGOLELE

Authors

  • Safinatus Sakinah, Diva Nur Maulana, Eric Irza Saputra, Rif’an Nur Fauzi, Anis Mualifah, Iffatul Habibah, Mufi Widya Astuti, Najwa Latifuna Iza7, Sofina Kamila Tsalas, Valenda Nadia Askhaidar uin salatiga

Abstract

Tujuan

Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas masyarakat desa Tlogolele melalui literasi keuangan, perencanaan keuangan ibu hamil, pendidikan karakter anak SD, serta pembiasaan praktik ibadah di TPA.

Metodologi

Metodologi dalam penelitian ini disesuaikan dengan peserta sasaran. Ibu-ibu PKK dan ibu hamil mengikuti workshop partisipatif, diskusi, dan tanya jawab. Anak-anak SD diajak melalui pembelajaran interaktif berbasis permainan, seperti role-play, pembuatan celengan, dan praktik mencuci tangan. Santri TPA dibimbing dengan metode demonstrasi, latihan berulang, dan koreksi langsung.

Hasil

Program ini menghasilkan dampak positif yaitu: ibu-ibu PKK lebih paham investasi dan perencanaan keuangan, ibu hamil mampu menyusun anggaran pra hingga pasca melahirkan, anak-anak SD menunjukkan perilaku positif terkait menabung, anti-bullying, dan kebersihan, sedangkan santri TPA lebih baik dalam praktik wudhu dan pelafalan huruf hijaiyah.

Keterbatasan Penelitian

Keterbatasan program meliputi kurangnya fasilitas pendukung seperti media visual, durasi pelaksanaan yang singkat sehingga belum terukur dampak jangka panjang, serta ketiadaan pendampingan lanjutan setelah kegiatan.

Kata kunci

Pendidikan, Generasi Cerdas, Keluarga Sejahtera, Sasana Aksara 126, UIN Salatiga, SDN 1 Tlogolele, Desa Tlogolele

Downloads

Published

2025-12-13

How to Cite

Sakinah, Diva Nur Maulana, Eric Irza Saputra, Rif’an Nur Fauzi, Anis Mualifah, Iffatul Habibah, Mufi Widya Astuti, Najwa Latifuna Iza7, Sofina Kamila Tsalas, Valenda Nadia Askhaidar, S. (2025). MEMBANGUN GENERASI CERDAS DAN KELUARGA SEJAHTERA: SERANGKAIAN PROGRAM PENDIDIKAN DI DESA TLOGOLELE. ALKADIMAT, 3(2). Retrieved from https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/5222

Issue

Section

Articles