PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN ARAB PEGON DAN SENI KALIGRAFI DI TPQ AT TAQWA DUSUN PLOSO KUNING, KEC. TURI, KAB. SLEMAN

Authors

  • Fikri Zaky Pratama, Muhammad Adib Kurniawan, Jelita Disy Famela, Ulyaa Romiz, Rohifuly Khabibah Universitas Islam Negeri Salatiga

Abstract

Pengembangan keterampilan menjadi bagian penting dalam pendidikan agama di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Artikel ini membahas tentang penerapan pembelajaran bahasa Arab Pegon dan seni kaligrafi sebagai salah satu cara inovatif untuk mengembangkan kemampuan literasi anak di TPQ Dusun Ploso Kuning Kabupaten Sleman. Arab pegon, yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa, dipilih karena relevansinya dengan budaya lokal dan kemampuannya untuk meningkatkan pemahaman dasar bahasa Arab. Seni kaligrafi digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis sekaligus menanamkan nilai estetika dalam penulisan huruf Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Arab Pegon dan kaligrafi Arab tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi anak, tetapi juga memperkuat hubungan mereka dengan budaya lokal dan meningkatkan minat terhadap seni Islam. Metode ini juga mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman dan efektif di lingkungan TPQ.

Kata kunci : Arab Pegon, Seni Kaligrafi, TPQ, Pendidikan Agama, Literasi

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Jelita Disy Famela, Ulyaa Romiz, Rohifuly Khabibah, F. Z. P. M. A. K. (2024). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI PEMBELAJARAN ARAB PEGON DAN SENI KALIGRAFI DI TPQ AT TAQWA DUSUN PLOSO KUNING, KEC. TURI, KAB. SLEMAN. ALKADIMAT, 2(2), 167–176. Retrieved from https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/3014

Issue

Section

Articles