MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA PERANTAU MELALUI PERAN SEBAGAI PENGURUS MUSHOLLA

Authors

  • Fajrina Ulfatul Ulum, Isna Nurullaili Zuhriyah, Laila Ayu Cahyaningsih, Nafisatunnisa Ababil Salam, Acyka , Raihan Izzudin Abbas UIN Salatiga

Abstract

ABSTRACT

This research aims to find out how the role of migrant students as musholla managers can foster independence and self-development. In the context of globalization, migrant students face social, economic, and psychological adjustment challenges that require environmental support. Musholla not only functions as a place of worship, but also a place for social and educational activities that support character development. This study uses a descriptive qualitative approach to analyze the experience of an overseas student when carrying out his duties as a Musholla Joglo Al Ikhsan manager Salatiga. The research shows that participating in musholla leadership enhances people's spiritual independence, decision-making ability, and interpersonal skills. In addition, this experience will contribute to personal development in terms of leadership and time management.

Keyword: Migrant Students, Musholla Manager, Independence, Time Management, Spiritual Experience

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa perantau sebagai pengelola musholla dapat menumbuhkan kemandirian dan pengembangan diri. Dalam konteks globalisasi, mahasiswa perantau menghadapi tantangan penyesuaian sosial, ekonomi, dan psikologis yang memerlukan dukungan lingkungan. Musholla tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, namun juga menjadi wadah kegiatan sosial dan pendidikan yang mendukung pengembangan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisis pengalaman mahasiswa perantau saat menjalankan tugas dan perannya sebagai pengurus Musholla Joglo Al Ikhsan Salatiga. Penelitian menunjukkan bahwa berpartisipasi dalam kepemimpinan musholla meningkatkan kemandirian spiritual, kemampuan mengambil keputusan, dan keterampilan interpersonal. Selain itu, pengalaman ini akan berkontribusi pada pengembangan pribadi dalam hal kepemimpinan dan manajemen waktu.

Kata Kunci: Mahasiswa Perantau, Pengurus Musholla, Kemandirian, Manajemen Waktu, Pengalaman Spiritual

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Isna Nurullaili Zuhriyah, Laila Ayu Cahyaningsih, Nafisatunnisa Ababil Salam, Acyka , Raihan Izzudin Abbas , F. U. U. (2024). MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA PERANTAU MELALUI PERAN SEBAGAI PENGURUS MUSHOLLA. ALKADIMAT, 2(2), 177–184. Retrieved from https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/2923

Issue

Section

Articles