PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN SISWA TPA DI DUKUH KAYEN KECAMATAN PAJANGAN YOGYAKARTA
jurnal penelitian pendampinga pembelajaran ilmu tajwid di TPA Dukuh Kayen, Pajangan, Yogyakarta
Keywords:
kkn integrasi, penmbelajaran tajwid, desa pajangan, pengabdian masyarakatAbstract
ABSTRAK
Tujuan
Kegiatan pengabdian masyarakat di TPA Al-Muhtadin dan Al-Ma’unah, Dukuh Kayen, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab UIN Salatiga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama bagi anak-anak melalui pembelajaran Al-Qur'an dan penguatan nilai-nilai Islam. Salah satu kendala utama yang dihadapi TPA adalah kurangnya tenaga pengajar, dan lemahnya pengetahuan mengenai tajwid yang berdampak pada keterbatasan dalam pelaksanaan program belajar mengajar. Untuk itu, mahasiswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, pendampingan guru, serta meningkatkan manajemen TPA.
Metodologi
Program pengabdian ini berlangsung selama 45 hari dan melibatkan observasi langsung, evaluasi berkala, serta partisipasi aktif mahasiswa dalam pengajaran. Monitoring dilakukan secara sistematis untuk memastikan efektivitas program, mengidentifikasi kendala, serta mengukur keterlibatan masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan partisipasi siswa, perbaikan metode pengajaran, serta dukungan masyarakat yang lebih besar terhadap pendidikan agama di TPA Al-Muhtadin dan Al-Ma’unah
Hasil
Pengabdian ini memberikan dampak positif yang berkelanjutan, baik dalam hal peningkatan kualitas pendidikan maupun sinergi antara mahasiswa, pengajar, dan masyarakat.
Keterbatasan Penelitian
Waktu dan Sumber Daya Terbatas: Penelitian yang dilakukan dalam jangka waktu singkat mungkin tidak cukup untuk mengevaluasi efektivitas pengajaran secara mendalam.
Evaluasi Jangka Panjang: Penelitian yang tidak mencakup evaluasi jangka panjang dapat melewatkan dampak yang lebih luas dari program pengajaran.
Subjektivitas Peneliti: Keterlibatan peneliti dalam program bisa menimbulkan bias subjektif dalam analisis data dan interpretasi hasil.
Kata kunci
KKN Integritas, Pengajaran TPQ, Desa Pajangan, Pengabdian Masyarakat
ABSTRACT
Purpose
Community service activities at Al-Muhtadin and Al-Ma'unah TPA, Kayen Hamlet, Sendangsari Village, Pajangan District, Bantul, Yogyakarta by students of Arabic Language and Literature UIN Salatiga aim to improve the quality of religious education for children through learning the Qur'an and strengthening Islamic values. One of the main obstacles faced by TPA is the lack of teaching staff, and the weak knowledge about tajweed which has an impact on the limitations in the implementation of teaching and learning programs. For this reason, students are directly involved in the learning process, mentoring teachers, and improving landfill management.
Methodology
This service program lasts for 45 days and involves direct observation, periodic evaluation, and active participation of students in teaching. Monitoring is carried out systematically to ensure program effectiveness, identify obstacles, and measure community involvement. The results of this activity show an increase in student participation, improvement of teaching methods, and greater community support for religious education at Al-Muhtadin and Al-Ma'unah TPA
result
This service has a sustainable positive impact, both in terms of improving the quality of education and synergy between students, teachers, and the community.
Research Limitations
Limited Time and Resources: Research conducted over a short period of time may not be enough to evaluate the effectiveness of teaching in depth.
Long-Term Evaluation: Research that does not include long-term evaluations can miss the broader impact of the teaching program.
Researcher Subjectivity: Researcher involvement in the program can lead to subjective bias in data analysis and interpretation of results.