PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM PEMBELAJARAN PAI, IPA, DAN BAHASA INGGRIS MATERI WUDHU DI TPA: “INTEGRASI NILAI SPIRITUAL, SAINS, DAN LITERASI GLOBAL"

Authors

  • Syifani Rizky Salsabila , Dyah Karunia Putri , Laela Sabila, Erna Risfaula Kusumawati UIN Salatiga

Keywords:

Interdisipliner, integrasi, nilai spiritual, sains, literasi global

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran wudhu di TPA dapat diintegrasikan dalam aspek spiritual, sains, dan literasi digital melalui pendekatan interdisipliner. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan di TPA Al-Huda Tengaran pada 9-20 September 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dan pengajar yang berpartisipasi pada proses kegiatan belajar mengajar di TPA. Penelitian menggunakan metode purposive sampling, yang berarti sample ini dipilih bedasar pada kriteria yang relevan dengan penelitian. Sampel diambil dari siswa TPA dengan usia antara 10 sampai 13 tahun yang telah mempelajari dasar-dasar wudhu serta guru yang aktif mengajar PAI, IPA, dan Bahasa Inggris. Proses penyampaian materi dengan metode ceramah, tanya jawab, bernyanyi, dan media poster. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penagajaran materi wudhu di TPA melalui integrasi nilai spiritual, sains, dan literasi digital dengan pendekatan interdisipliner dapat meningkatkan pemahaman siswa secara komprehensif. Sampel yang diambil pada penelitian ini hanya dilakukan pada santri yang berusia 10-13 tahun.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Erna Risfaula Kusumawati , S. R. S. , D. K. P. , L. S. (2025). PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM PEMBELAJARAN PAI, IPA, DAN BAHASA INGGRIS MATERI WUDHU DI TPA: “INTEGRASI NILAI SPIRITUAL, SAINS, DAN LITERASI GLOBAL". ALKADIMAT, 3(1), 71–79. Retrieved from https://ejournal.uinsalatiga.ac.id/index.php/alkadimat/article/view/2811

Issue

Section

Articles